Header Ads

Solusi Untuk Membuat Aplikasi Iphone Untuk Non Programmer


Ternyataaaaaa…
Emang dunia saat ini memudahkan untuk semua. Walaupun gw (ato elo) bukan programmer, kita tetap bisa membuat aplikasi Iphone (dan juga Ipad) tanpa harus menggunakan bahasa programming yang njelimet dan tentu aja cukup sulit dipelajari oleh orang se tuwir gw (a.k.a malezz) :D
Artinya, dengan bantuan program tersebut, kita tidak lagi hanya download aplikasi Iphone tapi mungkin bisa mulai membuat dan kemudian ikutan jual aplikasi Iphone.
Berterimakasihlah kepada programmer-programmer handal yang menciptakan tools-tools atau perangkat yang mampu membantu membuat program Iphone tanpa harus mempelajari IOS (Iphone Operating System), XCode (bukan kali Code neh!), dll. :)
Tidak hanya untuk program ato games Iphone saja, beberapa program tersebut juga didisain untuk mobile operating system lain seperti Blackberry RIM, Android, Symbian, Palm, dan Windows 7.
Tapi, walaupun begitu, bukan berarti kita terlepas dari proses  ‘belajar’ lho!!??
Walaupun tersedia bermacam-macam aplikasi yang dapat membantu proses pembuatan atau Programming Iphone, tentu saja kita juga harus mempelajari bagaimana menggunakan program tersebut.
aplikasi iphone

Program Bantu Pembuat Aplikasi Iphone

Walaupun sangat program-program ini membantu, afaik (as far as i know) setidaknya kita sudah harus paham dengan dasar-dasar maupun alogaritma pemrograman.
Dengan memahami logika tersebut, program-program bantu tersebut yang lebih banyak bersifat GUI (Graphical User Interface) atau menggunakan antar muka grafis akan lebih mudah dan lebih cepat dikuasai.
Kalo elw belum paham bener dengen programming, mungkin baeknya mulai baca-baca deh sedikit-sedikit informasi soal pemrograman. Setidaknya soal logika programnya. Pengalaman atau pengetahuan programming akan sangat membantu disini.
Berikut ini merupakan program-program yang dapat membantu programming Iphone tersebut tanpa harus menguasai bahasa programming.
  • Runrev Livecode
    Ini program paling asyik menurut gw. Paling mudah dipelajari, sekaligus mudah dipahami. Terutama karena programnya sangat baik, mudah dimengerti (karena menggunakan native English sebagai bahasa programnya) dan dokumentasinya sangat lengkap. Livecode ini bisa dibuat via Mac atau Windows. Menurut pendapat gw, program ini cocok untuk aplikasi ketimbang games.
  • Gamesalad
    Gamesalad, sesuai namanya, memang lebih mengkhususkan diri ke pembuatan game Iphone (termasuk pembuatan games untuk Mac dan HTML5). Menu-menunya cukup mudah, lebih banyak menggunakan images dan sedikit bahasa programming yang harus dipelajari. Kelemahannya, Gamesalad ini menggunakan Mac.
  • PhoneGap
    PhoneGap memiliki pendekatan yang berbeda. Bisa dibilang, PhoneGap ini memaksimisasi pengetahuan Anda soal HTML untuk membuat program di Iphone. Seperti GameSalad, PhoneGap ini menggunakan Mac.
  • Corona
    Seperti juga PhoneGap atau LiveCode, Corona SDK ini sifatnya multiplatform, alias bisa untuk mendesain aplikasi untuk Android atau Apple IOS. Hasil baca-baca di internet, Corona ini banyak digunakan oleh developer-developer ngetop termasuk pembuat Angry Birds yang terkenal tersebut. Buat gw sendiri, agak sulit mempelajari Corona karena memang lebih bermanfaat bagi yang berbasis pemrograman Objective C. Corona ini running di Windows dan Mac.
phonegap
Program Berbasis Web (Web Base) penghasil aplikasi untuk Iphone:
  • Seattle Clouds
  • MyAppBuilder
  • iBuildApp

Kebutuhan Pembuatan Aplikasi Iphone

Untuk membuat program tersebut memang idealnya (sekaligus rata-rata program yang ada) membutuhkan perangkat komputer Macintosh atau Mac dari keluarga Apple itu sendiri. Tetapi kalau kita belum memiliki Mac, kita masih bisa menggunakan program yang berbasis Windows, atau coba-coba ber Hackintosh, menginstall operating system Mac pada PC.
sumber : solusikamu.com

No comments

Powered by Blogger.